Senin, 17 November 2008

PROMOSI KESEHATAN

Beruabahya life style setiap individu sangat berpotensi mempengaruhi suatu komunitas dan populasi. Yang menjadikan tantangan bagi seorang SKM untuk mengubah behavior. Bagaimana seorang kesehatan masyarakat dikatakan berhasil promosi kesehatannya, apabila prevalensi dan insidensi penyakit menurun. Perlu adanya pemahaman mengenai apa itu promosi kesehatan? dan bagaimana follow up dari seorang promkes dengan gelar SKM pula. Dan perlu kita pahami bahwa, Ada empat prinsip kegiatan kesehatan masyarakat :
1. Sentralitas keputusan berada ditangan masyarakat
2.
Peran provider hanya sebagai fasilitator
3.
Kegiatan utama ditujukan untuk mengatasi kerugian, tekanan dan diskriminasi yang dihadapi masyarakat
4.
Kegiatan tidak terbatas pada aspek kesehatan tetapi berkenaan dengan suatu keadaan sehat Promosi bisa berjalan dengan efektif bila didukung bidang kajian sebagai berikut:
Program Pendidikan Kesehatan, Peraturan/Perundangan,Tindakan Kesehatan Lingkungan, Kebijakan Publik yang sehat, Pengorganisasian, preventif.

Promosi kesehatan adalah ilmu dan seni membantu masyarakat menjadikan gaya hidup mereka sehat optimal. Kesehatan yang optimal didefinisikan sebagai keseimbangan kesehatan fisik, emosi, sosial, spiritual, dan intelektual. Ini bukan sekedar pengubahan gaya hidup saja, namun berkairan dengan pengubahan lingkungan yang diharapkan dapat lebih mendukung dalam membuat keputusan yang sehat. (Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas)

bulan januari 2009 merupakan mementum bagi mahasiswa FKM Unhas angkatan 2007 untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Yang jelasnya apapun jurusan yang kita ambil, tetap kita seorang SKM. Mari kita bersama-sama melanjutkan tongkat estafet kesehatan, demi tercapainya amanat Nasional.


Tidak ada komentar: